12.05.2014

sumbing ku lihat sindoro

kegembiraan kali ini bisa saya rasakan, kesempurnaan tim kali ini kembali, tidak saat pendakian sebelumnya yaitu pendakian gunung merbabu, next adventure kali ini adalah pendakian gunung Sumbing. dengan ketinggian 3371 mdpl, keunikan gunung ini adalah kita dapat langsung melihat pemandangan yang sangat langkah yaitu gunung sindoro, kedua gunung ini seperti tak terpisahkan, kita bisa menikmati keindahan sumbing dan sebaliknya menikmati gunung sindoro, ini pendakian yang sangat lucu dan melelahkan. untuk pendakian ini kami sedikit terlambat untuk sampai dibasecamp dari jogja saja kami baru berangkat jam 18.00 wib bayangkan sampai basecamp saja jam 9 malam, tetapi terima kasih kepada salah satu sahabat pendaki yang memiliki keterbatasan waktu.

memberikan info yang sangat berharga yaitu ojek gunung anda cukup membayar Rp. 25.000 perorang untuk menghemat perjalanan pendakian, dari basecamp hanya butuh 10 menit dengan menggunakan ojek dan sudah sampai pos 1, jarak basecamp ke pos 1 adalah sudah setengah dari peta atau setengah perjalanan, tetapi apabila anda banyak waktu bisa berjalan kaki 2.5 jam, kalau anda tergolong expert bisa 1.5 jam jalanan semen dan berbatu padat kemiringan sepanjang perjalanan rata-rata 45 derajat.

perjalanan kali ini kami menggunakan jalur lama, hampir seluruh trek yang kami lewati basah dan licin, ini salah satu tantangan mendaki disaat musim hujan, pendakian kali ini tidak lancar, salah satu teman kami mengalami penengangan otot paha sehingga baru melewati pos dua kami langsung beristirahat.

alhasil kami langsung membangun tenda dan keberuntungan dimalam itu hujan langsung turun sehingga waktu yang ternyata kami anggap kegagalan pendakian merupakan anugerah, dengan tuhan memberikan peringatan. pagi menjelang perjalanan kali ini untuk mencapai puncak kami lakukan bertiga saja karena salah satu teman terpaksa harus beristirahat, jaraknya cukup jauh karena kami berhenti dan beristirahat diarea yang jarak mencapai puncak adalah 5-6 jam pendakian, pos 3 sudah dilewati, area pestan, watu kotak, saya cukup senang hanya sampai watu kotak, beberapa teman saya telah duluan mencapai puncak.

saya hanya bisa menikmati pemandangan dari watu kotak, sudah sangat indah dan mengharukan, saya sempat tertidur dengan angin yang bertiup, selimut awan dan hijaunya rumput liar yang terbentang luas sepanjang mata, dihiasi mahkota gunung sindoro sudah sangat lah lengkap liburan saya kali ini, walau pun gagal mencapai puncak kepuasan gunung sumbing.

Merbabu setitik lukisan tuhan

Perjalanan kali ini adalah menuju gunung merbabu, ini gunung ketiga yang akan saya daki bersama teman-teman, seperti biasa pendakian dilakukan pada malam hari dan hari sabtu, maklum beberapa dari kami pekerja yang hanya bisa berlibur hari sabtu minggu saja.sebagai pekerja kami menyempatkan untuk mencari waktu untuk sekedar berlibur. meeting point kami selalu dari jogja walaupun beberapa dari kami sudah tidak berdomisili dijogja.

perjalanan kali ini melewati magelang, dan menuju arah selo tidak butuh waktu lama, perkiraan kalau lancar perjalanan dari jogja menuju selo 2,5 jam, untuk mencapai basecamp kita dihadapi dengan jalan yang cukup menanjak hampir 60 derajat kemiringan jalan, apalagi kebetulan saat saya hujan deras sehingga jalanan cukup licin.

sesampainya di basecamp kami beristirahat sekitar 1 jam, sambil mempersiapkan keperluan pendakian malam hari, dan mengisi energi, registrasi pun sudah kami lakukan, segala administrasi sudah kami penuhi dan pendakian kali ini adalah pendakian yang tidak sempurna, sahabat kami tidak dapat mengikuti kuliah (liburan) kali ini, UWI (universitas weekend indonesia). tetapi tidak menyurutkan hati kami untuk menaklukan buasnya gunung merbabu.

pendakian pun dimulai, pos 1 telah kami lewati begitu pun pos 2, di pos 2 kami beristirahat kembali sekedar menghangatkan badan dengan menyiapkan minuman hangat (jahe susu), kami memang tidak berencana mendirikan tenda di pos 2 tetapi di area heliped. singkat cerita kami sampai di area heliped ternyata sudah ada beberapa teman pendaki yang telah mendirikan tenda dari tadi siang hari, memang siang hari hujan cukup deras sehingga hampir pakaian yang mereka bawa basah. setelah mendirikan tenda kami langsung beristirahat saat itu pukul 01.30 wib dini hari.

setelah pagi target kami adalah puncak gunung merbabu ketinggian 3142 mdpl dari area heliped cukup 2 jam saja pendakian, lelah yang kami rasakan setiap pendakian selalu terbayarkan dengan indahnya goresan tuhan. para pendaki yang membaca tulisan ini pasti akan berbicara yang sama. itu lah yang membuat pendaki selalu ingin kembali dan kembali lagi hanya untuk sekedar bernostalgia melihat indahnya gunung.

partner yudi, hery

10.20.2014

Air terjun Sri Gethuk

kali ini,  inijalanjalan tidak main kepantai tetapi kali ini kita main kesungai dan air terjun, "air terjun sri gethuk" kalau anda berada dikota yogyakarta cukup dengan 1 jam perjalanan saja dengan mengunakan motor, untuk jalan lebih lengkap saya tidak dapat menjelaskannya cukup browsing di internet banyak informasi yang menjelaskannya salah satu contoh websitenya sri gethuk.

ini kedua kalinya saya mengunjungi tempat ini, untuk jalan akses menuju kesana sudah sangat baik tidak seperti pertama kali saya kesana jalan masih berbatu tidak beraspal, sarana yang diberikan dilokasi juga sudah ada toilet umum, tempat makan yang berjejeran.

untuk mencapai air terjun bisa mengunakan dua cara dengan berjalan kaki melewati jalan sawah atau dengan menyewa perahu cukup membayar Rp. 10.000 anda bisa langsung diantar kelokasi air terjun itu pun sudah termasuk pergi dan pulang jadi anda tidak perlu khawatir untuk membayar lagi, untuk life fest anda harus membayar tambahan biaya Rp. 5000 untuk penyewaannya ada didekat air terjun.

anda bisa menikmati air terjun, atau berenang didalam sungai, cukup dalam tetapi anda harus berhati hati karena masih banyak batu batu besar yang ada didalam sungai.

10.17.2014

Prau antara mistis dan budaya

kali ini adalah kali keduanya saya mendaki gunung tanggal 11-10-2014 malam, walaupun saya sudah tiga kali berkunjung di daerah dieng, tapi kali ini saya bisa mendaki kembali karena rasa candu yang telah membekas di dalam diri ini.

gunung prau adalah menjadi sebuah tantangan baru lagi untuk bisa menaklukannya, ketinggian gunung tersebut adalah 2565 Mdpl lebih tinggi dari gunung unggaran, kami (UWI) mencoba walaupun hanya saya yang pendaki pemula, ketiga partner saya lebih dulu sering mendaki. itu tidak menjadi sebuah hambatan karena rutin berolahraga (lari).

10.16.2014

Indahnya Gunung ungaran

Ungaran merupakan salah satu daerah yang ada di jawa tengah, terdapat pula gunung unggaran salah satu gunung non aktive yang ada di daerah jawa, kali ini saya mencoba salah satu gunung ini, walaupun jaraknya tidak begitu tinggi hanya 2050 Mdpl, tapi untuk pendaki pemula seperti saya merupakan tantangan yang cukup melelahkan.