12.05.2014

sumbing ku lihat sindoro

kegembiraan kali ini bisa saya rasakan, kesempurnaan tim kali ini kembali, tidak saat pendakian sebelumnya yaitu pendakian gunung merbabu, next adventure kali ini adalah pendakian gunung Sumbing. dengan ketinggian 3371 mdpl, keunikan gunung ini adalah kita dapat langsung melihat pemandangan yang sangat langkah yaitu gunung sindoro, kedua gunung ini seperti tak terpisahkan, kita bisa menikmati keindahan sumbing dan sebaliknya menikmati gunung sindoro, ini pendakian yang sangat lucu dan melelahkan. untuk pendakian ini kami sedikit terlambat untuk sampai dibasecamp dari jogja saja kami baru berangkat jam 18.00 wib bayangkan sampai basecamp saja jam 9 malam, tetapi terima kasih kepada salah satu sahabat pendaki yang memiliki keterbatasan waktu.

memberikan info yang sangat berharga yaitu ojek gunung anda cukup membayar Rp. 25.000 perorang untuk menghemat perjalanan pendakian, dari basecamp hanya butuh 10 menit dengan menggunakan ojek dan sudah sampai pos 1, jarak basecamp ke pos 1 adalah sudah setengah dari peta atau setengah perjalanan, tetapi apabila anda banyak waktu bisa berjalan kaki 2.5 jam, kalau anda tergolong expert bisa 1.5 jam jalanan semen dan berbatu padat kemiringan sepanjang perjalanan rata-rata 45 derajat.

perjalanan kali ini kami menggunakan jalur lama, hampir seluruh trek yang kami lewati basah dan licin, ini salah satu tantangan mendaki disaat musim hujan, pendakian kali ini tidak lancar, salah satu teman kami mengalami penengangan otot paha sehingga baru melewati pos dua kami langsung beristirahat.

alhasil kami langsung membangun tenda dan keberuntungan dimalam itu hujan langsung turun sehingga waktu yang ternyata kami anggap kegagalan pendakian merupakan anugerah, dengan tuhan memberikan peringatan. pagi menjelang perjalanan kali ini untuk mencapai puncak kami lakukan bertiga saja karena salah satu teman terpaksa harus beristirahat, jaraknya cukup jauh karena kami berhenti dan beristirahat diarea yang jarak mencapai puncak adalah 5-6 jam pendakian, pos 3 sudah dilewati, area pestan, watu kotak, saya cukup senang hanya sampai watu kotak, beberapa teman saya telah duluan mencapai puncak.

saya hanya bisa menikmati pemandangan dari watu kotak, sudah sangat indah dan mengharukan, saya sempat tertidur dengan angin yang bertiup, selimut awan dan hijaunya rumput liar yang terbentang luas sepanjang mata, dihiasi mahkota gunung sindoro sudah sangat lah lengkap liburan saya kali ini, walau pun gagal mencapai puncak kepuasan gunung sumbing.